Teknik bertanya yang efektif dan bermutu

teknik bertanyaDalam suatu diskusi kelompok, biasanya guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan pertanyaan. Setiap pertanyaan akan diberi nilai tambahan. Namun terkadang kita sering takut untuk bertanya, takut jika pertanyaan terdengar tidak ‘nyambung’, sulit dimengerti, atau tidak akan mendapat jawaban yang memuaskan.

Mau bertanya yang efektif dan bermutu ?

 

Berikut tipsnya:

1. Cari informasi

Sebelum hari presentasi, cari terlebih dahulu informasi terkait materi yang akan dibawakan. Langkah ini sangat penting untuk membuat pertanyaan Anda bermutu.

2. Temukan hal yang tidak Anda pahami

Jangan menanyakan pertanyaan yang bisa Anda jawab sendiri. Saat mengumpulkan informasi cari tahu apa yang Anda pahami dan apa yang Anda belum pahami. Poin – poin tersebut bisa dijadikan bahan pertanyaan.

3. Jelaskan ketidakpahaman

Saat mengajukan pertanyaan, berikan penjelasan singkat tentang apa yang ingin Anda tanya. Jelaskan apa yang sudah Anda pahami juga apa yang Anda tidak pahami.

4. Percaya diri

Bertanyalah dengan nada percaya diri. Dengan begitu, Anda terkesan cerdas dan memperhatikan presentasi dengan baik.

5. Gunakan teknik pertanyaan

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, kita belajar mengenai jenis – jenis kalimat tanya, seperti pertanyaan retoris, evaluasi, aplikatif, dan probing question. Nah Anda bisa gunakan jenis – jenis kalimat tanya tersebut agar pertanyaan Anda tersampaikan dengan baik dan bermutu.

Bertanyalah secara ramah dan hindari menggunakan istilah yang tidak banyak orang mengerti. Gunakan kata – kata yang mudah dipahami oleh guru dan teman Anda.

error: Maaf konten di proteksi !!