Metode pembelajaran Calistung SD

Metode pembelajaran Calistung SD

Calistung SD berbeda dengan calistung TK calistung PAUD yang harus menggunakan metode yang berbeda dalam penyampaiannya. Anak SD tentu lebih bisa memahami calistung dibanding dengan anak TK karena memang ketika TK sudah mulai diajarkan calistung (membaca, menulis, menghitung). Pembelajaran kelas 1,2,3 SD berbeda dengan belajarnya anak kelas 4,5,6 SD. Untuk kelas 4,5,6 SD anak sudah dapat belajar secara langsung dalam calistung tanpa harus menggunakan metode khusus. Namun untuk kelas 1,2,3 harus menggunakan metode khusus agar anak dapat belajar dengan maksimal. berikut merupakan metode yang dapat digunakan untuk belajar calistung siswa SD kelas 1,2,3.

  • Metode abjad

Mula- mula guru memperkenalkan huruf (abjad). Guru atau orangtua memberikan contoh cara membaca huruf- huruf tersebut dan siswa menirukannya. Awalnya buat secara bersamaan seluruh siswa dikelas untuk menirukan, kemudian mulai setengah, seperempat, teman semeja dan akhirnya ke perorangan untuk menirukan. Selanjutnya kegiatan dapat dilakukan dengan membentuk kata. Pilih beberapa konsonan dan vokal yang apabila di gabungkan bisa menjadi kata yang bermakna. Tanyakan bagaimana cara membaca huruf tersebut.

  • Metode kupas- rangkai suku kata

Metode ini dimulai dengan pengenalan kata terlebih dahulu, kemudian kata tersebut pisah dalam beberapa suku yang menyusunnya, sehingga siswa tersebut mengetahui bahwa kata tersebut berasal dari gabungan beberapa huruf abjad yang berbeda. Kegiatan selanjutnya adalah membaca kata tersebut.

  • Metode calistung global

Metode ini dimulai dengan mengenalkan kalimat utuh kepada siswa. kalimat dipilihkan yang sederhana dan pendek-pendek dahulu agar siswa tidak mengalami kesulitan.

  • Metode SAS- Struktural Analisa Sintesa

Metode ini dimulai dengan menggunakan kartu kalimat, awalnya guru atau orangtua menunjukkan gambar kepada siswa sehingga siswa dapat menyebutkan gambar tersebut. Selanjutnya menempelkan gambar pada paan tulis dan siswa diajak untuk menganalisi gambar tersebut menjadi kata, kata menjadi suku kata, dan suku kata menjadi huruf.

Hubungi kami, jika anda ingin mendaftarkan putra -putrinya di kelas Calistung SD dengan melengkapi form berikut

Lengkapi form berikut untuk pertanyaan anda.

* wajib dilengkapi

error: Maaf konten di proteksi !!