Dmitri Mendeleyev, sang penemu tabel periodik unsur kimia

Dmitri Mendeleyev, sang penemu tabel periodik unsur kimia

 

Merdeka.com – Dunia ini sangat maju, salah satunya adalah karena peran para ilmuwan dan pemikir di masa lalu. Karya-karya mereka lah yang membuat kehidupan manusia jadi lebih mudah. Nah, salah satu ilmuwan yang perlu kamu kenal adalah Dmitri Mendeleyev. Pria bernama lengkap Dmitri Ivanovich Mendeleyev (1834-1907) adalah seorang ahli kimia dari Kekaisaran Rusia yang menciptakan tabel periodik berdasarkan peningkatan bilangan atom. kimiaLelaki kelahiran 8 Februari 1834 di Tobolsk, Rusia ini adalah anak dari Ivan Pavlovich Mendeleyev dan Mariya Dmitriyevna Kornileva. Mendeleyev adalah lulusan universitas Saint Peterburg. Dari sana, ia melanjutkan pendidikan ke luar negeri di Universitas Heidelberg. Setelah lulus, ia menjadi professor dan menyelenggarakan berbagai penelitian.

Melalui usaha yang cukup panjang, ia menemukan bahwa jika ia menata unsur-unsur menurut kenaikan massa atom, unsur dengan sifat yang mirip akan muncul dengan selang yang berskala. Ia menemukan semua ini saat sedang menyiapkan sebuah buku pelajaran untuk mahasiswanya. Ia berhasil menyajikan hasil kerjanya pada Himpunan Kimia Rusia di awal 1869.

Kelebihan tabel periodik yang disusun Mendeleyev yaitu adanya adanya pengakuan tentang unsur-unsur baru yang belum diketahui pada massa ia menemukan tabel periodik tersebut seperti galium, germanium, dan skandium. Ia menyediakan ruang untuk unsur-unsur itu dan memperkirakan berapa massa atom dan bagaimana sifat-sifat kimianya nanti.

Mendeleyev nggak cuma berjasa dalam urusan atom kimia. Ia juga berperan besar dalam penelitian tentang bahan bakar minyak, industri batu baram dan pertanian modern. Penemuan dan inovasinya mempengaruhi kemajuan ekonomi nasional, sehingga ia dipercaya sebagai konsultan dari pemerintah setempat. Mendeleyev meninggal pada umur 72 tahun, tepatnya pada tanggal 2 Februari 1907.

error: Maaf konten di proteksi !!